Minggu, 30 Oktober 2011

TUGAS SENI TARI-TARI SALSA


1.    NILAI – NILAI HISTORIS TARI SALSA
A.      ASAL – USUL TARI SALSA
Salsa merupakan tarian berpasangan yang berkaitan dengan musik salsa. Kata salsa berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus, atau dalam hal ini adalah rasa atau gaya.
Menurut pengakuan dari para ahli dan sejarawan musik, nama salsa telah diterima antara penari selama berpuluh-puluh tahun. Pertama kali kata salsa disiarkan dalam radio adalah melalui lagu yang dibuat oleh Ignacio Piñeiro, yang ditujukan pada seseorang pria Afrika tua yang menjual butifarras (sejenis sosis) pada Central Road di Matanzas. Lagu berirama son tersebut berjudul Échale salsita. Di bagian refrain dan bait lagu disebutkan "Salsaaa! échale salsita, échale salsita." Pada awal tahun 1950, seorang komentator dan DJ "bigote" Escalona mengumumkan tarian salsa dengan judul "irama berikut mengandung Salsa". Akhirnya penduduk berbahasa Spanyol di kota New York menjuluki Celia Cruz sebagai "Ratu Salsa".
Salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan, yakti dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Pola tarian salsa biasanya menggunakan tiga langkah pada setiap empat ketukan, satu ketukan dilewatkan. Namun ketukan yang dilewatkan pada umumnya ditandai dengan sentakan kaki, tendangan, sentilan, dan sebagainya. Biasanya musik salsa melibatkan irama perkusi yang rumit dan cepat, yakni sekitar 180 ketukan per menit.
Salsa merupakan tarian ditempat, jadi tidak seperti Foxtrot atau Samba, pasangan yang menari Salsa tidak banyak bergerak mengelilingi lantai dansa, melainkan menari pada area tertentu.

2.    GERAKAN – GERAKAN PADA TARIAN SALSA
Istilah gerakan pada Salsa
a.      Sideway Basic
Sideway basic adalah gerakan dasar Salsa paling sederhana, yaitu gerakan langkah menyamping ke kanan dan ke kiri, bukan ke belakang dan ke depan. Langkah ini juga disebut ‘side drop’.
b.      Side & Cross Step
Side & cross step adalah langkah menyamping, kaki kanan disilangkan di depan kaki kiri
c.       Cuban Open Step
Cuban Open Step adalah variasi dasar dari langkah mundur, langkah mundur diambil secara diagonal dengan membuka ke samping kiri dan kanan.
d.      Cucaracha
Cucaracha dalam bahasa Spanyol berarti kecoa, adalah nama untuk posisi kedua langkah berhenti. cucaracha adalah figure dasar Salsa yang terdiri atas  gerakan  sisi kiri dan kanan, gerakan ini berperan membantu dalam membangun ritme dan pengaturan tempo tarian Salsa.
e.       The Underarm Turn
The Underarm turn adalah gerakan memutar. dalam hal ini penari wanita memutar berlawanan arah jarum jam.
f.       The Inside Turn
The Inside turn adalah kebalikan dari the underarm turn. Penari wanita memutar sesuai  arah jarum jam.
g.      Spot Turn
Spot turn, salah satu penari atau kedua penari secara bergiliran memutar sejauh 360°, dan berhenti pada tempat yang sama.
h.      Extension
Extension, gerakan saling meluruskan lengan di antara mereka dengan berlawanan arah.
i.        In-and-Out
Dalam hal ini penari pria memegang tangan dan menarik wanita dengan tangan kanan sementara tangan kiri ditempatkan di atas kepalanya dan penari wanita memutar 180° ke kiri. Kemudian penari wanita didorong kembali keluar, sehingga berputar setengah putaran ke kiri kembali menghadap ke penari pria.
j.        Cross Body Lead
Penari  wanita melakukan gerakan memutar ke samping  berlawanan dengan penari pria, sehingga menyebabkan  bertukar posisi dengan berlawanan arah jarum jam
k.      Reverse Cross Body Lead
Gerakan ini seperti  cross body lead  namun perbedaannya  adalah  gerakan bertukar posisi  penari searah jarum jam.
l.        Basket
Basket  adalah jenis gerakan  dimana penari pria  di posisikan di belakang penari wanita dan memegang lengan wanita membungkus bahunya saat dia  berhenti ke depan lalu  penari pria mundur.
m.    Windmill
Windmill adalah gerakan dimana penari wanita berputar, dan  tangan penari pria  berputar melewati  atas kepala penari wanita,  lengan penari pria berputar  ke bawah dan atas.

3.      MUSIK YANG DIGUNAKAN DALAM TARIAN SALSA
Musik Salsa merupakan gabungan antara musik tradisional Afrika dan Kuba serta irama Amerika Latin lainnya yang dimulai dari kota New York antara tahun 1940 dan 1970. Tarian salsa yang sekarang, dilakukan berdasarkan musik salsa yang berasal dari Son Kuba, namun dipengaruhi oleh tarian Kuba lainnya seperti Mambo, Chá, Guaracha, Changuí, Lukumí, Palo Monte, Rumba, Yambú, Abakuá, Comparsa dan kadang-kadang Mozambik.



4.      KOSTUM YANG DI GUNAKAN DALAM TARIAN SALSA
Sebagian besar penari salsa seringkali menggunakan pakaian yang selalu menarik perhatian. Pada penari wanita, seringkali mengunakan gaun simple yang anggun dan glamour. Hal tersebut di maksudkan agar mendapat kesan yang mempesona dari si penari wnita. Sedangkan pada penari peria seringkali menggunakan pakaian yang cukup simple seperti kemeja, dasi kupu – kupu, jas, sepatu pantovel, dan celana hitam panjang.
Berikut adalah contoh pakaian yang di gunakan dalam tarian salsa.
a.       Wanita
Gambar 1.1. dress yang di gunakan penari wanita.
Gambar 1.2. sepatu hak tinggi yang di gunakan penari wanita. Biasanya sepatu hak tinggi yang di gunakan terlihat lebih simple agar tidak mengganggu gerakan sang penari.


b.      Pria
Gambar 1.3. kemeja yang di gunakan penari pria.
Gambar 1.4. celana bahan panjang yang di gunakan penari pria
Gambar1.5. sepatu pantofel pria. Sebaiknya mengunakan sepatu pantofel dengan ketinggian hak maksimal 3 cm agar tidak mengganggu gerakan si penari.
5.      TEMPAT DAN ACARA DI PERTUNJUKANNYA TARIAN SALSA
Di Indonesia seringkali kita lihat pertunjukan – pertunjukan tarian. Diantaranya adalah tarian salsa, tarian ini seringkali muncul pada acara – acara tertentu seprti:
a.       Perlombaan tari
b.      Pementasan seni tari
c.       Acara pernikahan
d.      Acara peresmian – peresmian, dan lain – lain.
Seiring dengan perkembangan jaman, tarian salsa kini tidak hanya untuk di pertontonkan saja, namun juga di gunakan sebagai sarana olahraga yang dapat membentuk tubuh menjadi lebih indah.










3 komentar:

  1. Salam kenal yah.. :)
    Artikelnya bagus nih... kalau boleh tau, apakah saat senam salsa ini diharuskan ada partner lawan jenis? dan apakah ada baju senam khusus yang harus digunakan?
    Thanks... :)

    BalasHapus
  2. Salam kenal Gan
    Musik Salsa, apakah musiknya khusus bahasa spanyol dari asalnya sana? menurut Gan baju senam terbaru bermerk apa yaa yang paling nyaman dipakek senam?

    BalasHapus