Rabu, 26 Oktober 2011

Tips Penting Sebelum Belajar Salsa

Tips Penting Sebelum Belajar Salsa

SalsaTarian salsa adalah tarian seksi  identik dengan tarian berpasangan, tarian ini menggambarkan pasangan setia dimana dalam tarian salsa gerakan penari wanita mengikuti gerakan penari pria, sedangkan penari pria menggambarkan sebagai pemimpin ,
Banyak yang mengatakan belajar Salsa lebih sulit di banding belajar tari latin lainnya, sebenarnya setiap tarian memiliki kesulitan berbeda, selain kesiapan diri, alangkah baiknya sebelum belajar Salsa mengetahui terlebih dahulu tentang gerakan Salsa.
Istilah gerakan pada Salsa
Sideway Basic
Sideway basic adalah gerakan dasar Salsa paling sederhana, yaitu gerakan langkah menyamping ke kanan dan ke kiri, bukan ke belakang dan ke depan. Langkah ini juga disebut ‘side drop’.
Side & Cross Step
Side & cross step adalah langkah menyamping, kaki kanan disilangkan di depan kaki kiri
Cuban Open Step
Cuban Open Step adalah variasi dasar dari langkah mundur, langkah mundur diambil secara diagonal dengan membuka ke samping kiri dan kanan.
Cucaracha
Cucaracha dalam bahasa Spanyol berarti kecoa, adalah nama untuk posisi kedua langkah berhenti. cucaracha adalah figure dasar Salsa yang terdiri atas  gerakan  sisi kiri dan kanan, gerakan ini berperan membantu dalam membangun ritme dan pengaturan tempo tarian Salsa.
The Underarm Turn
The Underarm turn adalah gerakan memutar. dalam hal ini penari wanita memutar berlawanan arah jarum jam.
The Inside Turn
The Inside turn adalah kebalikan dari the underarm turn. Penari wanita memutar sesuai  arah jarum jam.
Spot Turn
Spot turn, salah satu penari atau kedua penari secara bergiliran memutar sejauh 360°, dan berhenti pada tempat yang sama.
Extension
Extension, gerakan saling meluruskan lengan di antara mereka dengan berlawanan arah.
In-and-Out
Dalam hal ini penari pria memegang tangan dan menarik wanita dengan tangan kanan sementara tangan kiri ditempatkan di atas kepalanya dan penari wanita memutar 180° ke kiri. Kemudian penari wanita didorong kembali keluar, sehingga berputar setengah putaran ke kiri kembali menghadap ke penari pria.
Cross Body Lead
Penari  wanita melakukan gerakan memutar ke samping  berlawanan dengan penari pria, sehingga menyebabkan  bertukar posisi dengan berlawanan arah jarum jam
Reverse Cross Body Lead
Gerakan ini seperti  cross body lead  namun perbedaannya  adalah  gerakan bertukar posisi  penari searah jarum jam.
Basket
Basket  adalah jenis gerakan  dimana penari pria  di posisikan di belakang penari wanita dan memegang lengan wanita membungkus bahunya saat dia  berhenti ke depan lalu  penari pria mundur.
Windmill
Windmill adalah gerakan dimana penari wanita berputar, dan  tangan penari pria  berputar melewati  atas kepala penari wanita,  lengan penari pria berputar  ke bawah dan atas.
Tips  Penting Belajar  Salsa :
  • Eye kontak, pertahankan kontak mata pada pasangan Salsa.
  • Penari pria memegang tangan kanan wanita dengan menggunakan tangan kiri.
  • Tangan kanan penari pria ditempatkan di sekitar pinggang penari wanita, sedikit ke belakang.
  • Letakkan tangan kiri penari wanita pada bahu penari pria.
  • Lakukan gerakan Salsa selalu pada bola kaki, jangan menari dengan kaki datar gunakan sandal atau sepatu hak tinggi.
  • Walaupun Salsa tarian sensual, jangan berlebihan melakukan gerakan pada pinggul. gerakan pinggul akan datang secara alami setelah Anda masuk ke irama tarian. bergerak berlebihan dapat merusak tarian Salsa.
  • Gerakan Salsa dengan irama delapan ketukan, dibagi dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. pola tarian salsa menggunakan tiga langkah pada setiap empat ketukan, satu ketukan dilewatkan. namun ketukan yang dilewatkan ditandai dengan sentakan kaki, tendangan, sentilan, dan sebagainya. musik Salsa melibatkan irama perkusi yang cepat, yakni 180 ketukan permenit.
Cara terbaik untuk belajar Salsa adalah mendaftarkan diri di sebuah studio tari atau sekolah tari terkenal seperti Genecela Dance Centre, studio tari ini menyediakan kelas salsa dengan berbagai tingkatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar